TIPS MENCEGAH MABUK PERJALANAN PADA SAAT NAIK BUS

TIPS MENCEGAH MABUK PERJALANAN PADA SAAT NAIK BUS

Apakah anda merupakan seseorang yang sering mengalami mabuk kendaraan saat naik bus? Jika ya, anda tak perlu khawatir, karena anda dapat mengatasi hal tersebut. Namun sebelumnya apakah anda mengetahui mengapa anda bisa mengalami mabuk perjalanan tersebut? Pasti sebagian besar dari anda banyak yang belum mengetahuinya. Mabuk perjalanan di sebabkan karena otak tidak mampu menerima campuran sinyal dengan baik dari anggota tubuh. Misalnya, saat anda sedang berada di dalam bus yang berjalan, mata anda melihat ke pemandangan yang berbeda dengan yang dirasakan sendi dan otot kita. Hal ini akan menyebabkan ketidak sinkronan pemikiran otak kita dengan anggota tubuh kita. Dan hal tersebut dapat memicu rasa mual. 

Mabuk perjalanan memang sangat mengganggu kita, karena kita akan merasa lemas sebelum sampai ke tempat tujuan. Namun anda tak perlu khawatir. Bagi anda yang sering merasakan mabuk perjalanan, anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Isi perut terlebih dahulu sebelum perjalanan naik bus

Pertama yang perlu anda lakukan adalah mengisi perut anda sebelum menempuh perjalanan menggunakan bus. Hal ini akan menyebabkan perut anda terasa tenang. Dengan begitu anda tidak akan merasa mual saat anda merasakan guncangan selama perjalanan menggunakan bus. Anda harus mengisi perut sewajarnya saja, jangan sampai anda merasa kekenyangan. Karena hal itu dapat membuat perut anda merasa begah dan tidak nyaman selama perjalanan.

  • Minum obat anti mabuk perjalanan

Kemudian setelah anda mengisi perut, anda bisa minum obat anti mabuk satu jam sebelum anda melakukan perjalanan. Cara ini cukup efektif untuk anda yang sering mengalami mabuk perjalanan. Namun saat perjalanan anda biasanya merasa ngantuk.

  • Jangan bermain gadget

Saat perjalanan di dalam bus sebaiknya anda jangan memainkan gadget and terlalu lama. Karena hal tersebut bisa membuat anda merasa  pusing dan mual. Sebaiknya anda melihat pemandangan di jendela saja atau bersenang-senang dengan teman di dalam bus anda. Sebaiknya jika medan yang dilalui bus anda berkelok-kelok, anda ikuti saja gerak bus tersebut. Jangan melawan, karena jika anda melawan nanti anda akan merasa mual dan juga pusing.

  • Bawa minyak angin

Kemudian bagi anda yang sering merasa pusing dan mual saat perjalanan menggunakan bus, anda harus selalu membawa minyak angin atau aromatherapy. Saat anda merasa mual, mencium bau dari minyak angin atau aromatherapy dapat menghilangkan rasa mual dan juga pusing anda.  Anda juga dapat mengoleskanya di bagian leher, perut, dan juga dada agar rasa mual anda hilang.

  • Pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela

Kemudian bagi anda yang memiliki riwayat sering mabuk kendaraan, anda bisa memilih tempat duduk paling pojok dekat jendela, atau paling depan di samping pengemulsi. Karena banyak orang yang merasa tidak mual ataupun pusing setelah mereka pindah duduk di dekat jendela. Dengan berada di dekat jendela anda juga dapat menikmati pemandangan yang tentunya dapat membuat anda lebih tenang.

  • Jangan memakan makanan yang membuat eneg

Selanjutnya, saat berada di dalam bus, sebaiknya anda jangan memakan makanan yang dapat membuat anda merasa eneg. Gorengan adalah salah satu makanan yang dapat membuat anda eneg. Sebaiknya saat berada di dalam bus anda membawa makanan seperti keripik, kacang atau buah yang tidak akan menimbulkan rasa eneg.