TATA CARA AQIQAH JOGJA DALAM ISLAM YANG BENAR

Kelahiran seorang anak biasanya dirayakan dengan mengadakan cara akikah dalam tradisi Islam. Acara aqiqah jogja ini dilakukan sebagai wujud ungkapan kebahagiaan dan memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Upacara akikah sendiri biasanya dilakukan dengan prosesi penyembelihan kambing. Yang kemudian dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada keluarga dan tetangga.

7 Tata Cara Pelaksanaan Aqiqah Jogja Yang Baik

Dalam pelaksanaannya sendiri, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan detail dan baik sebelum melakukan aqiqah jogja. Lalu bagaimana tata cara pelaksanaan akikah yang baik dan benar? Simak dibawah ini.

  1. Waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan akikah

Berdasarkan Rasulullah SAW, para ulama sepakat bahwa waktu pelaksanaan aqiqah jogja yang paling baik adalah hari ke-7 semenjak kelahiran. Tetapi jika berhalangan karena suatu dan lain hal. Maka akikah tersebut bisa dilakukan pada haru ke-14 atau hari ke-21. Namun jika kondisi ekonomi sedang tidak memungkinkan. Maka kewajiban akikah akan gugur.

  1. Syarat dalam memilih hewan untuk akikah

Acara akikah dalam Islam sendiri menganjurkan hewan kurban untuk disembelih. Yakni dengan kriteria serupa dengan hewan kurban, seperti kambing dan domba yang sehat. Umur hewan untuk aqiqah jogja sendiri tidak boleh kurang dari enam bulan.

  1. Membagi daging hewan akikah

Berbeda dengan kurban, daging aqiqah jogja ini terlebih dahulu dimasak setelah disembelih sebelum di bagikan kepada tetangga dan kerabat. Orang yang memilih hajat dan keluarganya juga disunahkan mengonsumsi daging akikah. Sementara 1/3 daging lainnya diberikan kepada tetangga dan fakir miskin.

  1. Memberi nama anak pada saat akikah

Pada saat penyelenggaraan akikah ini juga disunahkan untuk mencukur rambut si bayi dan memberikan nama yang mempunyai arti baik. Sebab, nama yang baik akan mencerminkan perilaku serta akhlak kepada Allah SWT dan lingkungan sekitarnya.

  1. Prosesi mencukur rambut pada saat akikah

Mencukur rambut menjadi salah satu rangkaian yang terdapat dalam acara aqiqah jogja. Rasulullah SAW sangat menganjurkan supaya melakukan cukur rambut pada anak yang baru lahir di hari ke-7. Dalam tata cara akikah menurut Islam, tidak ada hadits yang menjelaskan bagaimana seharusnya mencukur rambut si anak. Tetapi yang jelas proses pencukuran ini perlu dilakukan dengan merata.

  1. Bacaan doa ketika menyembelih hewan akikah

Berikut bacaan doa yang harus dilafadzkan ketika melakukan penyembelihan hewan akikah, “Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Yang artinya: Dengan nama Allah, Ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

  1. Bacaan doa untuk bayi yang diakikahkan

Berikut adalah bacaan doa untuk anak yang sedang diakikahi, “U’iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya: “Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian.”

Melaksanakan Aqiqah Jogja Simpel Dan Tidak Ribet

Demikianlah beberapa tata cara pelaksanaan aqiqah jogja yang baik dan benar. Dengan mengetahui proses pelaksanaan akikah ini. Tentunya anda tidak akan kebingungan lagi. Untuk anda yang ingin melaksanakan akikah di Jogjakarta dengan simpel dan mudah. Maka pilihan terbaik jika memilih layanan akikah. Sekarang ini di Kota Jogjakarta sudah terdapat banyak layanan akikah yang siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *