MENGHADAPI PUASA RAMADHAN DI TENGAH PANDEMI

MENGHADAPI PUASA RAMADHAN DI TENGAH PANDEMI

Umat islam setiap tahunnya sudah pasti melakukan puasa ramadhan. Puasa ramadhan merupakan suatu kegembiraan bagi umat islam. Sebab, puasa ramadhan ini merupakan amalan yang agung dan dapat mengampuni dosa-dosa seorang hamba. Puasa ramadhan ini memang amalan yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat islam. Banyak di antara keutamaan di bulan puasa ramadhan, seperti mendapatkan ampunan dosa, penghalang siksa neraka, jalan meraih taqwa, dan masih banyak keutamaan yang lainnya. Tentu saja, hal ini membuat umat islam selalu menyambutnya dengan senang hati dan tak ingin berpisah darinya. Puasa ramadhan kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab di tahun ini tidak ada kemeriahan pada bulan ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada anak-anak yang berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk membangunkan warga sahur, tidak ada buka bersama di masjid, hingga tidak ada ngabuburit dan juga sedikitnya orang yang berjualan makanan untuk buka puasa. Hal ini disebabkan, saat ini sedang terjadi wabah virus corona atau covid-19. Sehingga adanya wabah corona ini pun pakar kesehatan memberikan himbauan untuk tetap menjaga kesehatan. Sebab, saat orang berpuasa maka tentu saja dapat kekurangan asupan nutrisi. Yang tidak makan juga minum ini membuat tubuh lemah sehingga imun tubuh dapat menurun, hal ini dapat membuat seseorang mudah terkena virus covid-19. Oleh karena itu, saat puasa ramadhan ini maka kegiatan yang mengadakan orang banyak maka ditiadakan sementara agar virus corona ini tidak cepat menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Panduan Sehat Saat Puasa Ramadhan Di Tengah Wabah Covid-19

Saat berpuasa ramadhan di tengah wabah covid-19 ini memang harus lebih melengkapi dan melindungi diri. Sebab, hal ini memang kita dapat mudah cepat terserang virus corona. Selalu gunakan masker setiap anda pergi keluar, menjaga jarak dimanapun anda berada, dan juga selalu rajin mencuci tangan, jangan lupa selalu bawa hand sanitizer. Berikut, terdapat tips sehat saat kita menghadapi puasa ramadhan di tengah covid-19;

  • Menyiapkan stok bahan makanan

Saat bulan puasa ramadhan dengan wabah covid-19 ini maka jarang ada yang menjual bahan makanan keliling, dan juga pedagang makanan takjil. Terlebih jika anda berada pada sebuah kota yang sudah menerapkan PSBB sehingga hal ini tentu saja anda harus menyiapkan stok bahan makanan untuk menu sahur ataupun berbuka. Sehingga dengan begitu anda bisa memasak di rumah yang dapat menghemat serta makanan tersebut aman dan sehat.

  • Beribadah di rumah

Sesuai anjuran pemerintah MUI selama ada wabah covid-19 maka kaum muslimin disarankan untuk beribadah dalam rumah. Sehingga tentu saja pada saat sholat tarawih ini juga dilakukan di rumah, hal ini juga bertujuan guna menjaga kesehatan juga memutus mata rantai penyebaran virus corona. Dengan wabah corona ini maka mencegah hal buruk ini lebih diprioritaskan yang memang sesuai dengan anjuran pemerintah.

  • Berkegiatan di rumah 

Pada saat bulan puasa ramadhan ini sudah pasti anda dan keluarga ngabuburit sambil menunggu adzan tiba. Ngabuburit ini memang hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat indonesia dan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan terjadinya wabah covid-19 ini maka anda bisa melakukan kegiatan di rumah yang menyenangkan. Jika anda memiliki buah hati yang masih kecil, maka anda bisa nonton film bersama di rumah untuk menunggu buka puasa.